Sunday, April 7, 2019

Belajar Codeigniter : Cara Instalasi Codeigniter dan Konfigurasinya | tahap 1


Halo sahabat soul kali ini kita akan menjelaskan dan mengajarkan dasar dasar codeigniter nih bagi kalian yang pemula dalam program dengan framework artikel kali ini cocok banget nih ini masi tahap pertama penjelasan tentang codeigniter masi banyak tahan-tahap selanjutkan makanya stay terus di soul technology.

Instalasi Codeigniter

Untuk melakukan instalasi Codeigniter ini sangatlah mudah, cukup mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

Langkah 1: Download Codeigniter dari link berikut ini: 
https://codeload.github.com/bcit-ci/CodeIgniter/zip/3.1.10.zip
Langkah 2: Unzip file tersebut 
Langkah 3: Upload semua file dan folder ke server local atau server development anda 
Langkah 4: setelah selesai upload, bukalah URL dari server anda, misalnya: http://localhost/codeigniter3 atau yang lainnya sesuaikan dengan saat anda menguploadnya. 

Dan saat anda membuka URL tersebut, akan terlihat tampilan sebagai berikut. 




Konfigurasi Dasar

Setelah selesai melakukan instalasi dari codeigniter ke dalam web server kita (dalam contoh ini saya melakukan instalasi dalam url http://localhost/codeigniter3). Hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah melakukan konfigurasi framework codeigniter. Seperti dijelaskan pada bab Struktur Codeigniter sub bab Folder Application, dijelaskan bahwa folder config didalam folder application berisi beberapa file configurasi yang perlu kita sesuaikan terlebih dahulu agar dapat kita gunakan.

Konfigurasi Base_url() 
BASE_URL() dari sebuah website dapat kita atur melalui konfigurasi yang terdapat dalam file application/config/config.php

BASE_URL() ini merupakan ROOT dari Framework Codeigniter, dimana ROOT ini adalah halaman yang menampilkan Welcome Page. Secara umum, ini akan menjadi dasar URL dalam pengembangan aplikasi kita dan yang perlu kita lakukan adalah tinggal copy paste dari browser URL kita. 

Mari kita coba praktekkan bagaimana melakukan konfigurasi BASE_URL() ini dengan langkah-langkah sebagai berikut: 

1. Bukalah halaman awal dari codeigniter yang menampilkan halaman Welcome. 



2. Select All, URL pada browser kita, kemudian Copy. 
3. Setelah itu, bukalah file application/config/config.php
4. Kemudian pastekan sehingga terlihat seperti pada gambar di bawah ini.



5.  Kemudian Save.

Konfigurasi Database

Untuk mengkonfigurasi database dari aplikasi kita, dapat kita lakukan di dalam file application/config/database.php



Untuk saat ini, anda boleh tidak menghiraukan konfigurasi yang manapun dari seting default ini, kecuali: 

  • Hostname: lokasi dari database anda
  • Username: username database anda 
  • Password : password database anda 
  • Database : nama database yang akan anda gunakan 
  • Dbdriver  : tipe database yang akan anda gunakan, bisa MySQL, MySQLi,                           PostgreSQL, ODBC, dan MsSQL.  

Untuk saat ini saya akan membuat menggunakan database dengan nama db_latihan. Kemudian hasil konfigurasi dari file database.php akan menjadi seperti pada gambar di bawah ini: 








Konfigurasi Autoload 

File ini berada di dalam folder application/config/autoload.php, secara default, akan menentukan apa saja yang secara otomatis akan di panggil atau di-load saat system berjalan. Untuk menjaga agar framework codeigniter tetap ringan dan cepat, maka default system hanya memanggil resource seminimal mungkin. Jika anda sering menggunakan library, driver, helper, language, model, ataupun file konfigurasi buatan sendiri, maka akan lebih baik untuk meletakkannya di dalam file konfigurasi autoload.php ini daripada melakukan pemanggilan secara berulang-ulang di dalam controller anda. Berikut ini adalah cara bagaimana kita melakukan pemanggilan otomatis dalam file konfigurasi autoload.php


  • Libraries: digunakan untuk membuat daftar library yang akan kita load secara otomatis. Contohnya sebagai berikut:



  • Drivers: fitur ini digunakan untuk memanggil Class yang terdapat dalam folder system/libraries/ atau dalam application/libraries, atau diletakkan dalam sub folder tersendiri yang merupakan Class extends dari CI_Driver_Library. Berikut adalah contoh cara memanggil sebuah driver: 
  • Helper: variabel ini digunakan untuk memmuat daftar helper yang akan dipanggil secara otomatis oleh system codeigniter. Contoh pemanggilah helper adalah sebagai berikut: