Tuesday, December 22, 2020

Psikologi Dalam Dunia Digital : Review The Social Dilemma


Psikologi Dalam Dunia Digital : Review The Social Dilemma


Dunia digital adalah sebuah media daring dimana semua pengguna bisa dengan mudah berpartisipasi berbagi, dan menciptakan jejaring sosial.
 

Dunia digital kini menjadi hal yang wajar untuk generasi Z maupun generasi milenial, Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali mustahil sepertinya kita tidak berinteraksi dengan gadget. Perkembangan teknologi yang pesat dan masuk hampir ke semua aspek kehidupan tentu berdampak kepada kehidupan sosial kita, tak terkecuali perilaku manusia.


The Social Dilemma adalah film dokumenter dari Netflix ini yang disutradarai oleh Jeff Orlowski, film ini menjelaskan tentang sisi gelap dari media sosial. Kecanduan, manipulasi psikologi manusia, gangguan kesehatan mental, dan hoax adalah beberapa contoh dari sisi gelap media sosial yang berdampak buruk terhadap masyarakat. film ini berfokus kepada pandangan sebagian orang yang pernah bekerja pada bidang IT khusus nya pada perangkat lunak media sosial, diringkas dengan dokumentasi kegiatan sehari-hari seseorang yang kecanduan dengan smartphone nya.

“There are only two industries that call their costumers ‘user’: illegal drugs and software”
Film ini menceritakan bagaimana cara perusahaan raksasa seperti Google, Facebook, Twitter, Printest dll mendapatkan uang dengan cara mengumpulkan data data dari para pengguna, Bagaimana mereka mengumpulkan data tersebut ? tentu dari pengguna yang memakai aplikasi tersebut mereka diawasi, direkam dan dilacak oleh perusahaan pembuat aplikasi yang berguna untuk menarik perhatian kita agar bisa tetap menggunakan media sosial .
if you’re not paying for the product, then you are the product.
Lalu Bagaimana media sosial dibuat? media sosial dibuat dengan algoritma yang sangan rumit dan dikendalikan oleh AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Mereka mengumpulkan data seperti foto yang kita sering buka, vidio yang sering kita putar yang nantinya akan mereka olah sebagai iklan agar mengetahui apa yang kita suka dan apa yang kita inginkan.
Dampak negatif bagi kita pengguna media sosial adalah banyak nya informasi palsu, Peretasan data oleh orang yang tidak bertanggung jawab, perundungan online, dan data kita dipantau oleh media sosial itu sendiri.

Solusi permasalahan yang terjadi adalah berhenti menyebarkan informasi palsu atau hoax carilah terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut, bermedia sosial lah sekedarnya dan jangan sampai mempublikan apa yang seharusnya menjadi privasi, gunakanlah media sosial dengan bijak .