Monday, October 28, 2019

Apa itu Synchronous dan Asynchronous Dalam Bahasa Pemrograman.


Hai sobat soul... Di sesi ini kita akan membahas Apa itu Synchronous dan Asynchronous. Pada Bahasa Pemrograman Komputer memiliki beberapa instruksi function kerja yang harus menunggu proses eksekusi selesai Synchronous dan Tanpa perlu menunggu thread di eksekusi selesai atau tidak perlu menunggu task berikutnya selasai Asynchronous.

Apa itu Synchronous dan Asynchronous.

Synchronous pada umumnya operasi blok instruksi yang di jalankan sampai tugas selesai dan di lanjutkan ke thread, jadi Synchronous di jalankan secara berurutan.

Sedangkan Asynchronous hasil eksekusi atau output tidak selalu berdasarkan urutan kode atau tidak berurutan, tetapi berdasarkan waktu dan proses. Eksekusi dengan Asynchronous tidak akan membloking atau menunggu suatu perintah sampai selesai.

Ada 3 Jenis Asynchronous :
  1. Callback ialah function yang di buat dan di eksekusi di dalam function lainnya.
  2. Promise ialah salah satu Asynchronous yang penulisannya lebih mudah di baca dari pada Callback, jika menggunakan Callback, jika fitur yang di buat kompleks maka akan terjadi Callback hell, Oleh itu hadirlah Promise, jadi jika janji di tepati maka kemudian .then, lalu tampilkan data yang berhasil, jika gagal maka akan di .cath.
  3. Async await ialah salah satu jenis proses penulisannya lebih manusiawi dan penulisannya Synchronous, namun di eksekusi menjadi Asynchronous, oleh machine language yang kita pakai.
Kesimpulan
 
Saran untuk menggunakan Asynchronous promise atau Async await karena bisa menghandle data dan user dengan kapasitas yang sama agar  beban server tidak terlalu berat dan syntax lebih mudah di pahami oleh orang awam, untuk Synchronous bagus digunakan untuk render video karena harus menunggu lama rendering video dengan waktu yang tidak di tentukan.