Tuesday, April 2, 2019

KOMPONEN ELEKTRONIKA PASIF : RESISTOR,KAPASITOR,INDUKTOR

Tags


KOMPONEN ELEKTRONIKA PASIF : RESISTOR,KAPASITOR,INDUKTOR



Hai sahabat soul  pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam komponen elektronika pasif materi pembahasan ini merupakan dasar dasar ilmu Teknik elektronika nah jadi bagi kalian pelajar jurusan Teknik elektronika kalian wajib banget nih buat tau. Okey langsung saja cekidottt…..

Jenis Jenis komponen elektronika
Komponen elektronika dasar di bagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu:
  • ·       Komponen elektronika PASIF
  • ·       Komponen elektronika AKTIF

Pada pembahasan artikel ini kita membahas tentang komponen elektronika PASIF dulu ya...

Komponen elektronika PASIF (Pasive Electronic Components)

Kelompok komponen elektronika yang pasif merupakan jenis komponen elektronika yang tidak membutuhkan arus luar agar bisa beroperasi. Komponen elektronik terdiri dari Resistor, Kapasitor, Inductor komponen komponen ini merupakan kompenen yang mempunyai satuan ukur seperti resistansi (Ohm) kapasitansi (Farad) dan Induktansi (Henri).

- Resistor
Resistor atau hambatan merupakan komponen elektronik pasif mempunyai fungsi untuk menghambat serta dapat mengatur arus listrik di dalam suatu rangkaian elektronika. Yang mempunyai satuan nilai resistor atau hambatan Ohm, komponen yang terdapat di dalam keluarga resistor atau jenisnya yaitu Resistor yang bernilai tetap, Resistor yang bisa di atur hambatannya, LDR, Thermistor




- kapasitor
Kapasitor atau kondensator merupakan komponen elektronika pasif yang bisa menyimpan muatan listrik di dalam waktu sementara dengan satuan kapasitasnya ialah farad. Komponen yang terdapat di dalam keluarga kapasitor atau jenisnya yaitu kapasitor yang mempunyai  nilai tetap, kapasitor yang mempunyai nilai bisa di atur kapasitasnya.




- inductor
Inductor atau di sebut dengan Coil ialah komponen elektronika pasif yang dapat terdiri dari suatu susunan lilitan kawat yang dapat membentuk suatu kumparan. Inductor bisa menyebabkan medan magnet jika dialiri dengan arus listrik. Satuan induktansi yang ada pada inductor ialah henry (H). Komponen yang terdapat di dalam keluarga inductor atau jenisnya yaitu air core inductor, iron core inductor, ferrite core inductor, toroidal core inductor, laminated core inductor, variable inductor.




sampai disini ya pembahasan tentang komponen elektronika pasif jika ada yang di tanyakan bisa tinggalkan jejak di kolom komentar semoga bermanfaat😊